Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keraton Maafkan Pembunuh Kyai Bagong

Kompas.com - 12/11/2014, 12:09 WIB
SOLO, KOMPAS.com - Mengenakan busana adat Jawa, kerabat Keraton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Satrio Hadinagoro keluar dari Sasana Handrowino usai mengikuti prosesi Wilujengan Hadeging Keraton (peringatan berdirinya keraton), Senin (10/11/2014) lalu.

Setelah mempersilakan para undangan, kerabat serta abdi dalem untuk menyantap jenang suronan (bubur khas saat peringatan berdirinya keraton), adik ipar raja ini langsung duduk sendirian di lantai samping pintu Sasana Handrowino sembari menyapa tamu yang lewat.

Meski sedang duduk santai, namun Satrio bersedia untuk diwawancarai terkait kematian kebo keturunan trah Kyai Slamet bernama Kyai Bagong. Eks anggota DPRD Kota Solo ini menuturkan telah melaporkan kejadian kematian Kyai Bagong ini ke pihak kepolisian.

"Karena kematiannya disengaja dengan cara ditombak tentu kami melaporkan kejadian ini kepada pihak berwajib," ujar Satrio. (Baca: Kerbau Bule Pusaka Keraton Surakarta Mati Ditombak)

Meski melaporkan kejadian ini kepada pihak berwenang, namu Satrio menuturkan kalau pihak keraton tidak mau menebak-nebak siapa pelakunya dan akan memaafkan siapa pun pelakunya.

"Untuk urusan hukum maka kami menyerahkan kasus ini kepada pihak berwajib, tetapi pihak keraton tetap akan memaafkan pelakunya dan berharap pelaku tidak mengulang hal yang sama," sambung Satrio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com