Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kedua Pencarian, Pesawat Latih Liberty Belum Ditemukan

Kompas.com - 31/10/2014, 21:46 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Pencarian hari kedua pesawat latih jenis Liberty XL2 C/S PK-LLC Lombok Institut Flight Technology (Lift) yang hilang kontak di sekitar Perairan Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), masih nihil.

"Pencarian hari kedua masih nihil, belum menemukan tanda-tanda yang pasti," kata Direktur Operasional dan Pelatihan Basarnas, Marsekal TNI SB Supriyadi, Jumat (31/10/2014).

Kata Supriyadi, meskipun belum ada tanda-tanda pasti terkait keberadaan pesawat, namun pada hari kedua ini, tim Basarnas telah menemukan serpihan pesawat latih berupa jaket pelampung dan serpihan "alumunium foil" milik pesawat latih.

Sebelumnya, petugas juga menemukan tabung pemadam kebakaran mengapung di perairan Moyo. Menurut Basarnas, penemuan ini bisa dikatakan sebagai tanda bahwa pesawat latih tersebut jatuh di sekitar Pulau Moyo, yaitu sekitar 200 meter dari bibir pantai dengan kedalaman di atas 30 meter.

Jumat malam ini, pencarian korban pesawat latih dihentikan sementara. Pencarian akan dilanjutkan kembali esok hari di sekitar pulau Moyo. Penyisiran akan dilakukan melalui jalur udara dan laut, dengan mengerahkan tim penyelam dan helikopter.

Pesawat jenis Liberty XL2 C/S PK-LLC dilaporkan hilang kontak di titik koordinat 08 derajat 20 menit, 09,8 south - 117 derajat, 32 menit, 41,5 east, atau di sekitar pulau Moyo. Pesawat latih berpenumpang 2 orang tersebut terbang dari BIL menuju Sumbawa, kemudian ke Pulau Moyo dan kembali lagi ke Sumbawa. Hingga saat ini, nasib kedua penumpang pesawat latih belum diketahui.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com