Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lokasi Terakhir Hilangnya Pesawat Latih di Sumbawa

Kompas.com - 30/10/2014, 19:08 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com - Pesawat latih jenis Liberti XL2 C/S PK-LLC milik Lombok Institut Flight Technology (Lift) hilang kontak dengan Bandara M. Kaharuddin, Brang Biji, Sumbawa, sekitar pukul 10.30 Wita.

"Pesawat diperkirakan hilang di sekitar Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Belum dipastikan apakah jatuh di laut atau di darat," kata Kepala Basarnas Mataram, Budiawan, Kamis (30/10/2014).

Menurut Budiawan, pesawat latih hilang kontak di titik koordinat 08 derajat 20 menit, 09,8 south - 117 derajat, 32 menit, 41,5 east. Menurut data yang dihimpun sementara, pesawat diperkirakan jatuh pada jarak 30,9 derajat ke arah timur Pulau Moyo.

Budiawan mengatakan, penerbangan pesawat latih menempuh rute dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Sumbawa, menuju Pulau Moyo dan Sumbawa. Pukul 11.30 Wita seharusnya pesawat ini lending di Sumbawa, tapi pada pukul 11.25 Wita, pesawat sudah hilang kontak dengan menara bandara.

"Diyakini pesawat ini hilang. Sehingga bandara menghubungi Basarnas untuk melakukan pencarian," kata Budiawan.

Pesawat latih yang berangkat dari Lombok ke Sumbawa diketahui berpenumpang dua orang, yaitu, Kapten Boon warga negara asing (WNA) asal Singapura dan satu siswa atas nama R Zaki.

Menurut Budiawan, saat melakukan penerbangan, cuaca di sekitar Sumbawa dalam kondisi cerah. Basarnas telah melakukan pencarian baik melalui jalur laut maupun laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com