Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Ibu di Ruteng Lahirkan Bayi dan Dua Batu Bulat

Kompas.com - 09/10/2014, 13:54 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

FLORES, KOMPAS.com — Seorang ibu warga Kota Ruteng, Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengeluarkan dua batu bulat bersamaan dengan lahirnya bocah lelaki dari kandungannya, Senin (6/10/2014) lalu.

Ibu dari Kampung Kusu, Desa Ponglao, Kecamatan Ruteng, itu melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng melalui operasi caesar. Saat persalinan itulah didapati pula dua batu bulat berwarna coklat di plasenta.

Tote Bagur, suami dari wanita yang melahirkan batu itu, mengatakan, selama hamil sang istri tidak menunjukkan tanda-tanda aneh maupun rasa sakit. Bahkan, saat pemeriksaan melalui alat ultrasonografi (USG) juga tidak ditemukan batu di dalam rahimnya.

Menjelang persalinan di RSUD Ruteng, dokter kandungan menyarankan agar kelahiran itu melalui operasi caesar. Awalnya, istri Tote menolak, tetapi setelah mendapat pengertian, dia pun bersedia. Setelah operasi rampung, perawat menginformasikan bahwa ada dua butir batu di plasenta.

Tote pun menerima ari-ari tersebut dan membersihkan dua batu itu. "Dokter bedah sudah mengetahui ada dua batu. Dokter dan perawat sangat heran dengan kejadian aneh tersebut. Dokter menyuruh menyimpan dua batu itu," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com