Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Siap Jadi Tempat Penyelenggaraan Asian Games 2018

Kompas.com - 25/09/2014, 23:00 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan kesiapannya dalam menghadapi Asian Games 2018 mendatang. Kesiapan itu disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Bandung, Jawa Barat, Kamis (25/9/2014).

"Insya Allah, Bandung, Jawa Barat siap untuk menghadapi Asian Games 2018," kata Heryawan di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Dikatakannya, venue yang akan digunakan untuk perhelatan Asian Games 2018 sudah disiapkan dan akan sama dengan yang dipakai pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar XIX 2016 mendatang.

"Insya Allah venue-nya sudah kita siapkan untuk Asian Games, ya nanti venue yang digunakan pada PON 2016 digunakan juga untuk Asian Games, jadi enggak terlalu berat," kata pria yang akrab disapa Aher.

Menurut Aher, tidak semua cabang olahraga Asian Games yang akan dipertandingkan di Bandung, Jawa Barat. "Tidak seluruh cabang olahraga, hanya 6 cabang," katanya. "Kalau cabang olahraganya apa saja, saya lupa," lanjut Aher.

Diberitakan, DKI Jakarta, Palembang, dan Bandung, akan menjadi tempat penyelenggara Asian Games 2018. Rencananya, upacara pembukaan akan digelar di Jakarta dan penutupan di Palembang. Hal itu dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo pada Minggu (21/9/2014).

Keputusan tersebut, lanjut Roy, ditetapkan lewat penandatanganan nota kesepahaman di Incheon, Korea Selatan, tepat sebelum pembukaan Asian Games XVII, Jumat (19/9/2014). Hadir dalam penandatanganan itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Wakil Gubenur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

"Perwakilan Jawa Barat sayangnya tidak bisa hadir karena berhalangan," kata Roy dalam konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com