Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Lokon Meletus Dini Hari Tadi, Abu Vulkanik Masih Tampak Hingga Sore

Kompas.com - 13/09/2014, 15:44 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Gunung Api Lokon di Kota Tomohon, hingga Sabtu (13/9/2014) pukul 16.00 WITA, terus memuntahkan debu vulkanik. Walau tidak sebanyak pada letusan pagi hari tadi, namun debu vulkanik Lokon masih terlihat jelas dari Kota Manado.

Angin yang bertiup ke arah Barat membuat warga yang berada di Manado hingga ke Desa Tateli, Kecamatan Mandolang, Minahasa merasakan debu Lokon tersebut.

Beberapa warga terlihat mendatangi apotek untuk membeli masker. Dari informasi yang dihimpun dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, tinggi letusan Lokon mencapai 500 meter. Lokon meletus pertama sekitar pukul 03.00 WITA dan kembali meletus sekitar pukul 09.00 WITA, dan hingga kini terus beraktifitas.

"Tapi kami disini aman-aman saja, belum ada perintah pengungsian. Memang tadi ada letusan tapi masih relatif aman," kata Merry, warga Tomohon. Status Lokon sendiri masih berada di level Siaga dan hingga kini kondisi warga di sekitar Lokon belum mengkhawatirkan. (K73-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com