Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Jember Tembak Pencuri Spesialis Hewan

Kompas.com - 11/09/2014, 16:02 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Tim Buser Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Jember membekuk komplotan spesialis pencurian hewan. Dari tiga pelaku yang ditangkap, satu di antaranya terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan di kaki kiri karena berusaha lari saat akan ditangkap.

Ketiga pelaku antara lain Suyono alias Mat Lutung (37), Budiono (37), dan Toha (40). Mereka merupakan warga Jember.

“Jadi komplotan pencuri spesialis hewan ternak ini memang cukup meresahkan masyarakat. Ada lima pelaku sebenarnya, tetapi baru tiga orang yang kami tangkap, sedangkan dua lainnya masih dalam pengejaran. Satu pelaku atas nama Toha, terpaksa kami tembak kakinya karena lari saat akan kami tangkap,” terang Kepala Satreskrim Polres Jember, AKP Sunarto, Kamis (11/9/2014).

Berdasarkan hasil pemeriksaan para pelaku, mereka sudah beraksi bertahun-tahun. “Salah satu pelaku yakni Mat Lutung ini memang seorang residivis dengan kasus yang sama. Dia sudah tiga kali masuk penjara dengan kasus yang sama. Jadi sasaran mereka memang hewan ternak seperti sapi dan kambing,” ungkap Sunarto.

Salah satu pelaku, Toha, saat diperiksa penyidik mengaku baru dua kali melancarkan aksinya. “Saya baru dua kali ikut nyuri sapi, pak. Saya nyuri di daerah Sumberwringin Sukowono, dan langsung dijual ke pasar,” akunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com