Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Korek Kuping Raksasa" untuk Anggota Baru DPRD Jatim

Kompas.com - 31/08/2014, 13:08 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Selain mendesak anggota baru DPRD Jatim untuk menandatangani kontrak politik, mahasiswa juga memberi hadiah khusus di momen pelantikan yang berlangsung Minggu (31/8/2014). Hadiah khusus tersebut berupa "Korek Kuping" berukuran besar.

Korek kuping yang diberikan massa Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jatim itu sebagai simbol peringatan kepada anggota baru DPRD Jatim agar lebih mendengarkan aspirasi rakyat atau konstituennya dalam membangun Jatim.

"Mereka dipilih oleh rakyat, dan harus mendengarkan aspirasi rakyat," kata Korlap aksi dari KAMMI Jatim, Noval Firdaus.

Dalam orasi itu, Noval meminta anggota DPRD Jatim yang baru tidak memanfaatkan jabatannya lima tahun kedepan untuk bersenang-senang apalagi melakukan korupsi. "Kepentingan rakyat lebih utama, jangan hanya memikirkan kepentingan partai dan perutnya sendiri," ujar dia.

Dalam aksi tersebut, massa aksi sempat hampir bentrok dengan polisi. Massa emosi karena tidak ada satupun anggota baru DPRD Jatim yang menemui mereka untuk menggelar kontrak politik. Massa dan polisi sempat terlibat adu dorong di salah satu sisi pintu gerbang gedung DPRD Jatim.

Emosi massa akhirnya reda setelah ada dua perwakilan anggota baru DPRD Jatim yang turun menemui massa aksi. Aksi mereka dihadang ratusan polisi dari satuan Sabhara Polrestabes Surabaya dengan pakaian lengkap, dan dalam posisi siap menghadang di balik pintu gerbang Kantor DPRD Jatim.

Sementara di dalam gedung DPRD Jatim, Gubernur Jatim, Soekarwo, melantik 100 anggota DPRD Jatim periode 2014-2019. Mereka terpilih dalam pemilihan legislatif. 9 April lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com