Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 PSK dan 1 Ibu Rumah Tangga di Bandungan Positif Terjangkit HIV

Kompas.com - 30/08/2014, 09:56 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


AMBARAWA, KOMPAS.com — Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Semarang menempatkan Bandungan sebagai salah satu dari tujuh lokasi yang berpotensi besar dalam penyebaran HIV/AIDS.

Saat ini, ribuan PSK yang beroperasi di kompleks lokalisasi Kalinyamat, Bandungan, dan ratusan pemandu karaoke yang bergelut di dunia hiburan malam telah membaur dengan masyarakat setempat. Akibatnya, penyebaran HIV/AIDS menjadi ancaman bagi banyak keluarga di Bandungan, khususnya para ibu rumah tangga.

Terkait dengan hal itu, KPA secara rutin melakukan pendataan dan menggelar tes konseling sukarela atau voluntary counseling test (VCT) bagi warga Bandungan. "Dalam VCT mobile yang sudah kami gelar selama tiga pekan di tiga kecamatan (Getasan, Bawen, dan Bandungan), total sudah 146 orang," ungkap Wahyu, dari Sokoguru Foundation, mitra KPA Kabupaten Semarang, Jumat (29/8/2014).

Sementara itu, Ketua Tim Medis Puskesmas Duren dr Kartika mengatakan bahwa target jumlah pemeriksaan VCT di Bandungan adalah sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, baru 15 orang yang mengikuti VCT. Hasilnya, tidak ada satu pun yang positif HIV/AIDS. Sementara itu, hasil pemeriksaan sebelumnya, masih untuk tahun 2014, menunjukkan empat temuan baru HIV/AIDS di Bandungan.

"Kita rutin melakukan pemeriksaan keliling di pos-pos ojek, rumah-rumah kos, dan tempat hiburan. Hasilnya, untuk tahun ini, di Bandungan ada empat temuan baru. Tiga PSK dan seorang ibu rumah tangga dinyatakan positif. Penanganan lanjutan dilakukan oleh manajer kasus, sementara kami hanya pemeriksaan saja," ungkap dr Kartika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com