Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangdam Siliwangi Terapkan Siaga Satu untuk Jabar dan Banten

Kompas.com - 20/08/2014, 20:49 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Kondisi keamanan di wilayah teritorial Jawa Barat dan Banten akan memasuki tingkat Siaga I pada Kamis (21/8/2014).

Panglima Komandan (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim mengatakan bahwa menghadapi masa putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan pemilu presiden (pilpres) oleh capres nomor satu Prabowo Subianto yang akan diputuskan besok, kondisi keamanan di Jabar dan Banten dalam keadaan kondusif. Walaupun demikian, pihak keamanan, dalam hal ini TNI, tidak mau sedikit pun lengah.

"Kondisi Jabar dan Banten sangat kondusif dan berada dalam kontrol TNI-Polri. Meski demikian, kami akan terus siaga menghadapi segala kemungkinan," kata Dedi seusai menggelar acara silaturahim bersama organisasi kemahasiswaan se-Bandung Raya di Mako 2 Denmadam, Rabu (20/8/2014).

Untuk menjaga agar situasi di wilayah Jabar dan Banten tetap aman, Kodam III/Siliwangi pun menerapkan status Siaga I di semua wilayah teritorial Kodam III/Siliwangi.

"Besok (hari ini) seluruhnya Siaga I. Semua pasukan sudah siap jika dibutuhkan. Ada 2.000 anggota sudah disiapkan, pasukan di semua wilayah juga sudah siap. Protap PAM-nya sama dengan pilpres lalu," katanya.

Dedi berharap bahwa kondisi yang sangat kondusif di Jabar dan Banten bisa terus dipelihara oleh semua pihak. Dedi berharap agar siapa pun pihak yang menang atau kalah dalam gugatan pilpres pada hari Kamis bisa menerima putusan dengan bijaksana dan hati besar.

"Kalau ada yang ke Jakarta ya boleh-boleh saja, asal tetap bisa menjaga agar kondisi tetap aman," harap Dedi. (set)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com