Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Upacara HUT RI, Kuota Pendaki Semeru Ditambah Jadi 1.000

Kompas.com - 14/08/2014, 10:26 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Jelang perayaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 69, pada 17 Agustus 2014 nanti, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menambah kuota pendaki ke Gunung Bromo, Tengger dan Semeru sejak 14 hingga 17 Agustus 2014.

Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ayu Dewi Utari, khusus 14 hingga 17 Agustus mendatang, kuota dibuka 1.000 orang atau 500 orang untuk pendaki yang akan masuk ke Danau Ranupani.

"Kuota booking online tetap 500 orang per harinya. Untuk pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI akan dilangsungkan di Danau Ranupani, Ranukumbolo, dan Kalimati. Kita tidak merekomendasikan upacara digelar di Puncak Mahameru," kata dia, di Malang, Kamis (14/8/2014).

Pihak TNBTS, kata Ayu, melarang kepada para pendaki untuk membuat api unggun, karena sangat rawan kebakaran, mengingat saat ini, masuk dalam musim kemarau. "Pengunjung harus membawa sampah kembali turun dan tidak membikin keramaian," tegas dia.

Pihak TNBTS, kata dia, juga akan menyiagakan puluhan petugas di masing-masing pos untuk mengantisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan. "Akan ada petugas SAR dan relawan yang berjaga dan membantu pengamanan dilengkapi tim medis," ujar Ayu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com