Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Maluku: Kehadiran TNI BKO atas Permintaan Warga

Kompas.com - 07/08/2014, 18:11 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Gubernur Maluku Said Assagaf mengatakan, kehadiran 500 anggota TNI dari kesatuan Artileri medan (Armed) Batalyon 13 Divisi I Kostrad Jawa Barat ke Maluku atas permintaan warga.

“Kehadiran aparat TNI BKO ini atas permintaan masyarakat,” kata Said saat menjawab wartawan di kompleks Lantamal IX Ambon, Kamis (7/8/2014).

Menurut Said, kehadiran aparat TNI BKO di Maluku sangat dibutuhkan untuk meredam bentrokan antarkampung di Maluku yang akhir-akhir ini kerap terjadi. “Kita harus bertindak cepat, saya tidak ingin kejadian seperti yang dulu itu terulang kembali. Saat terjadi bentrok sudah ada korban jiwa baru aparat tiba di lokasi, ini yang tidak kita inginkan,” ungkap dia.

Dia juga menjelaskan, kondisi keamanan Maluku harus tetap dijaga, karena itu dibutuhkan kerja sama dari setiap unsur termasuk TNI, Polri, dan masyarakat. Dikatakannya, kehadiran TNI BKO di Maluku untuk menjamin situasi keamanan di Maluku agar tetap kondusif.

“Jadi kita berharap bentrok-bentrok antarkampung itu nantinya bisa diminimalisasi. Banyak korban berjatuhan saat bentrok itu karena memang tidak ada aparat di lapangan,” ujar dia.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen Meris Wyryadi mengatakan, kehadiran TNI BKO di Maluku ini diharapkan akan menstabilkan situasi keamanan di Maluku yang kerap terjadi bentrokan antarkampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com