Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasad Iin Dikubur Ibunya di "Septic Tank" Setelah 15 Jam Disimpan di Kamar

Kompas.com - 05/08/2014, 18:54 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com — Aparat Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, terus mendalami kasus pembunuhan yang dilakukan seorang ibu kandung, Sl (38), warga Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru, terhadap anak kandungnya, Iin (20).

Hari ini, Selasa (5/8/2014), polisi kembali melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap yang bersangkutan. "Kami terus mendalami kasus dugaan pembunuhan ini," kata Kepala Polsek Sumberbaru AKP Saidi.

Seusai diminta keterangan lanjutan, berbekal pengakuan Sl sebelumnya, polisi kemudian mengajak Sl untuk menunjukkan lokasi di mana jasad anaknya dikubur. Namun, di tengah perjalanan, Sl meminta polisi untuk berhenti dan dia akhirnya mengakui jika anaknya dimasukkan ke dalam septic tank seusai dibunuh.

"Berdasarkan pengakuan, diperkirakan pembunuhan tersebut terjadi pada 9 Juli 2012 silam sekitar pukul 09.00," ungkap Saidi.

Sl mengaku memukul korban dengan sandal di bagian kepala. Saat itu, korban tidak langsung meninggal. "Dia seperti orang pingsan, sambil menggigit lidahnya," kenang Sl saat diperiksa.

Mengetahui korban pingsan, Sl kemudian membawa korban ke kamar belakang, lalu dikunci dari luar. "Saya sebenarnya menyesal, waktu saya sempat memeluk terus jasad anak saya," kata dia.

Sekitar pukul 01.00 dini hari atau sekitar 15 jam setelah kejadian tersebut, Sl kemudian membawa jasad korban yang sudah kaku untuk dibawa ke septic tank untuk dimakamkan. "Waktu itu kepala anak saya tutup dengan kain agar saya tidak ingat dengan wajahnya," ujar dia lagi.

Mayat anak itu kemudian dimasukkan ke dalam septic tank yang memiliki kedalaman sekitar delapan meter. "Tetapi, waktu itu saya tidak menutupnya dengan semen. Saya tutup dengan tanah," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sl diduga tega menghabisi nyawa anak kandungnya sendiri yang bernama Iin. Ironisnya, dugaan pembunuhan tersebut terjadi sekitar dua tahun yang lalu. Kasus dugaan pembunuhan tersebut terungkap dari keterangan anak kandung Sl lainnya yang bernama Solihin (9). 

Baca juga: Seorang Ibu di Jember Bunuh Anak Kandung Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com