Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Dipapah, Prengilah Pun Bersalaman dengan Sultan HB X...

Kompas.com - 04/08/2014, 12:04 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan warga dari berbagai kalangan tampak antusias mengikuti acara open house Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X, di Pendapa Bangsal Kepatihan, Senin (4/8/2014). Sejak pagi, warga mulai mengantre sambil menunggu kedatangan Sri Sultan HB X (baca juga: Sultan HB X Gelar "Open House", Ribuan Warga Padati Pendapa Bangsal Kepatihan).

Salah satunya adalah Prengilah (57). Meski memiliki keterbatasan, warga Kembang Songo Trimulyo, Bantul, ini rela berangkat pukul 06.00 dari rumahnya dan berjalan kaki ke Bangsal Kepatihan untuk dapat bersalaman dengan Sri Sultan HB X dan GKR Hemas.

"Saya dari rumah pukul 06.00 pagi, sampai di sini 07.00. Saya naik bus," ucapnya.

Karena lama berdiri di antara kerumunan warga serta kelelahan, Prengilah merasa pusing. Akhirnya, ia harus mendapat perawatan dari anggota SAR DIY. Tampak anggota SAR DIY memberikan bantuan peralatan pernapasan oksigen kecil untuk membantu agar napasnya kembali normal.

"Saya hanya kecapekan dan sumpek diempet-empet. Ini sudah sehat lagi," ujar Prengilah.

Melihat keinginan yang begitu besar dan keterbatasan kondisi fisik, anggota satpol PP lantas mendahulukan Prengilah. Dengan dipapah, Prengilah pun melanjutkan langkahnya mendekat ke tempat Sri Sultan HB X dan GKR Hemas berdiri.

"Ya senang bisa bertemu langsung dan bersalaman dengan Ngarso Dalem, Raja Keraton Yogya," ucapnya.

Prengilah mengaku sudah sering datang ketika Sri Sultan HB X menggelar acara open house. Kedatangannya kali ini merupakan yang ketiga.

"Tiga kali ini. Tahun depan, kalau diberikan kesehatan, saya akan ke sini lagi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com