Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Ribu Pemudik Balik Ke Surabaya Via Terminal Purabaya

Kompas.com - 03/08/2014, 18:24 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Puncak arus balik di terminal Purabaya Bungurasih terjadi selama dua hari sejak Sabtu (2/8/2014) kemarin dan hari ini Minggu (3/8/2014). Sampai pukul 24.00 WIB kemarin, sudah lebih dari 70 ribu pemudik yang melalui terminal di perbatasan Surabaya-Sidoarjo ini.

"Kemarin malam puncak arus balik di Purabaya, hari ini juga ada tapi dipastikan jumlahnya menurun, karena besok sudah mulai hari aktif bekerja," kata Kepala UPTD Terminal Purabaya Bungurasih, May Ronald.

Kepadatan arus balik kata dia, didominasi penumpang asal jurusan Malang-Surabaya dan Madiun-Surabaya. "Sisanya baru ke wilayah pantura dan mataraman, serta jurusan antar daerah antar provinsi," tambahnya.

Di terminal terbesar dan teramai di Jawa Timur itu, pada lebaran tahun ini disediakan sekitar 1.400 armada bus baik jurusan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Itu belum termasuk 80 bus cadangan pariwisata yang disiapkan untuk mencegah penumpukan penumpang.

Arus balik di Terminal Purabaya setidaknya terpantau padat sejak Kamis (31/7/2014) lalu. Saat itu tercatat 509 bus AKAP mengangkut 20.521 orang penumpang ke terminal Purabaya, dan 1.004 bus AKDP yang mengangkut 44.774 orang dengan tujuan yang sama. Puncak mudik di Terminal Purabaya terjadi pada H-1 lebaran, yakni pada Minggu (27/7/2014) lalu. Saat itu, tercatat sebanyak 78.689 warga meninggalkan Surabaya melalui Terminal Purabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com