Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-JK Menang di Solo, FX Rudy Batal Mundur dari Ketua DPC

Kompas.com - 23/07/2014, 16:42 WIB

SOLO, KOMPAS.com - FX Hadi Rudyatmo yang biasa disapa Rudy urung undur diri dari jabatannya sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surakarta. Pembatalan pengunduran diri itu lantaran capaian suara Jokowi-JK pada Pilpres 2014 ini melampaui target yang ditetapkan.

Sebelumnya, Rudy mengaku siap mundur dari posisi Ketua DPC jika perolehan suara Jokowi-JK di Kota Solo kurang dari 76 persen. Pernyataan itu ditegaskannya dalam deklarasi posko pemenangan pasangan tersebut di Sekretariat DPC PDIP, 19 Mei silam (baca selengkapnya: Pengunduran Diri Ditolak, FX Rudy Tiga Kali Gebrak Meja).

"Namun saya harus konsekuen dengan harapan pengurus anak cabang (PAC), DPC, satgas dan badan pengurus lain, untuk menuntaskan masa bakti kepengurusan hingga 2015 sebagai Ketua DPC. Karena ternyata Jokowi-JK memperoleh suara sebanyak 84 persen," katanya, Selasa (22/7/2014).

Menurut dia, perolehan suara pasangan capres-cawapres nomor urut dua tersebut layak diapresiasi. Perolehan suara 84 persen tersebut menunjukkan bahwa teman-teman bekerja dengan maksimal.

KPU Kota Solo menetapkan perolehan suara Jokowi-JK di Kota Solo sebesar 84,30 persen atau 284.199 suara. Adapun Prabowo-Hatta Rajasa mendapat 52.703 suara atau 15,70 persen. Tingkat partisipasi pemilih dalam Pilpres 9 Juli mencapai 81,23 persen.

Rudy berharap bahwa masyarakat tidak terpancing isu-isu yang berpotensi merusak suasana kondusif Kota Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com