Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

508 Pelintasan KA dari Tegal sampai Semarang Tak Berpalang Pintu

Kompas.com - 19/07/2014, 05:04 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV akan mengerahkan puluhan orang untuk menjaga palang pintu rel pelintasan kereta api tak berpalang pintu di wilayah tugasnya menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2014. Penjagaan ini bertujuan mengurangi risiko kecelakaan kereta api yang melibatkan moda transportasi lain.

“Yang sudah ada penjaga untuk palang pintu sementara ini hanya 92 pintu. Nanti akan ditambah 97 penjaga lagi untuk menjaga palang pintu pelintasan kereta api,” kata Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Wawan Ariyanto, Jumat (18/7/2014). PT KAI Daop IV ini membawahkan jalur kereta api dari Tegal sampai Blora di Jawa Tengah.

Wawan mengatakan, prioritas penjagaan akan dilakukan di jalur sebidang dengan jalan yang diperkirakan memiliki lalu lintas cukup padat. Dia mengimbau pula kepada masyarakat agar tak terburu-buru ketika hendak melintasi pelintasan kereta dan memperhatikan rambu-rambu.

“Total pelintasan di wilayah Daop IV ini ada 705 pelintasan, yang liar saja ada 508 pelintasan. Itu jika dipenuhi, maka setidaknya butuh 2.500 karyawan," ujar Wawan. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pemerintah daerah menutup pintu-pintu pelintasan liar penyeberangan rel kereta api.

Jika penutupan pintu pelintasan itu tak dilakukan, kata Wawan, kecelakaan di pelintasan-pelintasan sebidang tersebut akan terus terjadi. “Jumlah karyawan yang ada tidak cukup untuk menjaga semua palang pintu. Bisa-bisa kalau dijaga nanti di stasiun malah tidak ada petugasnya,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com