Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggah formulir C1 di Daerah Terkendala Koneksi Internet

Kompas.com - 12/07/2014, 17:58 WIB
Ismail Zakaria

Penulis


BUKITTINGGI, KOMPAS.com
– Proses mengunggah hasil scan formulir C1 Pemilu Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden ke situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI oleh Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat hingga saat ini belum tuntas. Hal itu terjadi karena jeleknya jaringan internet di kedua wilayah tersebut.

Koordinator Divisi Logistik KPU Sumatera Barat Fikon saat ditemui di Bukittinggi, Sabtu (12/7/2014) mengatakan, secara keseluruhan scan formulir C1 yang diungggah sudah 9.476 atau 86,14 persen dari total 11.001 tempat pemungutan suara (TPS) di Sumbar.

“Seluruh kabupaten kota sudah hampir selesai mengunggah. Tinggal Mentawai dan Agam. Mentawai baru sekitar 33 persen dari 43 TPS, sedangkan Agam baru 56,57 persen dari 1.134 TPS yang terunggah. Kendala utamanya adalah jeleknya jaringan internet di sana,” kata Fikon.

Khusus Mentawai, kata Fikon, selain terkendala internet, lamanya proses pengunggahan hasil scan formulir C1 juga disebabkan persoalan transportasi dan cuaca. Kondisi itu membuat pengumpulan formulir C1 dari TPS yang letaknya jauh dari pusat kecamatan dan hanya bisa dijangkau dengan perahu tidak bisa cepat.

“Kami sudah meminta KPU setempat menyelesaikan scan lalu membawanya ke KPU Provinsi di Padang. Berhubung koneksi internet di Padang masih cukup bagus, kami bisa membantu,” kata Fikon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com