Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolres Ambon Pastikan Aparatnya Dokumentasikan Hasil Pilpres

Kompas.com - 07/07/2014, 18:54 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kepala Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Bintang Juliana memastikan seluruh anak buahnya yang ditugaskan untuk mengamankan pemilu presiden akan mendokumentasikan hasil penghitungan suara di setiap Tempat Pemungutan suara (TPS).

“Setiap polisi yang ditugaskan di setiap TPS nantinya akan mendokumentasikan hasil penghitungan suara,” kata Bintang, Senin (7/7/2014).

Dokumentasi itu akan dilakukan tidak hanya pada proses penghitungan suara, namun juga pada penandatanganan berita acara hasil penghitungan suara. ”Nanti mereka menggunakan kamera dan juga handphone dengan kualitas yang baik,” ujarnya.

Menurut dia, dokumentasi hasil rekapitulasi penghitungan suara di TPS dilakukan untuk menghindari dugaan terjadinya kecurangan pemilu yang dapat saja mengganggu jalannya pilpres di Kota Ambon.

“Ini juga merupakan intruksi Kapolri saat beliau berkunjung ke Kota Ambon beberapa waktu lalu,” kata Bintang.

Bintang pun meminta kepada masyarakat agar nantinya datang ke TPS pada pilpres 9 juli nanti untuk memberikan hak politiknya sesuai dengan hati nurani masing-masing. ”Kalau ada yang merasa diintimidasi silahkan secepatnya laporkan ke petugas,” kata dia.

Demi mengamankan jalannnya pilpres agar berjalan aman dan tertib, sebanyak 750 personel polisi dari Polres Pulau Ambon dikerahkan di seluruh wilayah Kota Ambon dan wilayah hukum Polres tersebut.

”Hari ini juga sudah dilakukan pergeseran personel. Dari Polda juga menyiagakan 500 anggotanya, serta ada juga bantuan pengamanan dari TNI,” sebut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com