Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kerabat Muda Jokowi" "Selfie" di Pantai Boom

Kompas.com - 15/06/2014, 12:36 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Puluhan anak muda yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa mendeklarasikan diri dalam Kerabat Muda Jokowi-JK (KerJo) Banyuwangi di Pantai Boom Minggu (15/06/2014).

Bukan hanya sekedar mendeklarasikan untuk mendukung capres nomer 2, mereka juga menggalang tandatangan di atas kain putih dengan berkeliling pantai Boom yang menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Banyuwangi.

"Selain memberikan dukungan pada Jokowi JK, kami juga mengajak pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu nanti. Jangan sampai mereka golput hanya karena melihat banyaknya kampanye hitam terutama di media sosial," ungkap Made Brian, Koordinator Kerabat Muda Jokowi - JK (KerJo) Banyuwangi, Minggu (15/06/2014).

Made Brian menceritakan awal munculnya KerJo Banyuwangi berasal dari diskusi ringan di media sosial. "Pertama hanya komen-komen di Facebook. Akhirnya kami janjian kopi darat dan akhirnya membentuk komunitas ini. Selain itu ada kekhawatiran pemilih muda golput karena mereka lebih banyak mengakses media sosial yang sering dijadikan tempat untuk kampanye hitam," tambahnya.

Saat ditanya apa alasan mereka mendukung Jokowi JK, Made Brian menjawab ada tiga alasan yaitu jujur, merakyat dan sederhana. "Kami kagum dengan cara Jokowi memimpin bahkan saat dia masih ada di Solo. Indonesia butuh sosok Jokowi," ungkap mahasiswa tersebut.

Setelah mendeklarikan diri di Pantai Boom, para kerabat Jokowi JK akan melakukan kampanye damai di beberapa titik tempat ngumpulnya anak muda di Banyuwangi. "Konsepnya ya seperti ini, mengumpulkan tanda tangan dukungan, bakti sosial, diskusi dan juga main musik dengan lagu-lagu yang bertemakan Jokowi JK. Termasuk menyampaikan visi dan misi mereka dengan target anak muda," tambahnya.

Selain menggalang dukungan tanda tangan, mereka juga menyediakan sebuah banner yang bertuliskan '2 I Stand On The Right Side' yang selama ini dijadikan simbol kampanye kreatif capres nomer 2 di dunia maya.

Banner tersebut sengaja dijadikan ajang foto selfie oleh pendukung Jokowi. "Selama ini kan hanya ada di aplikasi, nah ini bagus bisa langsung foto," kata Rahmat Hidayat, salah satu warga Banyuwangi yang ikut berpartisipasi dalam acara tesebut. "Kreatif juga. Salam dua jari," tambahnya sambil tertawa dan mengacungkan dua jarinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com