Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kampung Piala Dunia di Pamekasan

Kompas.com - 09/06/2014, 11:56 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Menjelang perhalatan Piala Dunia 2014 di Brasil, di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, ada desa yang memiliki fanatisme tinggi terhadap masing-masing kontestan piala dunia.

Desa itu bernama  Tentenan Timur di Kecamatan Larangan. Memasuki gang utama Desa Tentenan Timur, berbagai macam bendera kontestan piala dunia telah berkibar. Ukurannya beragam. Ada yang hanya setengah meter, ada pula yang sampai dua meter.

Bendera itu dikibarkan menggunakan bambu. Pemilik bendera berlomba-lomba saling meninggikan bendera jagoannya masing-masing. Bahkan, ada yang dipasang di atas pohon.

Abdul Bahri, Ketua Klub Persatuan Sepakbola Tentenan Timur (PST) mengatakan, setiap pagelaran piala dunia di desanya selalu semarak dengan berbagai bendera kontestan. Sebab, hampir seluruh warga di desa tersebut 'gila bola'.

"Kalau tidak pasang bendera jagoannya seakan-akan malu. Makanya di sini berlomba saling mengibarkan bendera jagoannya masing-masing," kata Abdul Bahri, Senin (9/6/2014).

Bendera kontestan yang paling banyak berkibar antara lain Brasil, Jerman, Argentina, Italia, Spanyol, Inggris, Prancis. Selain bendera itu tidak ada bendera lain yang berkibar. "Bendera itu dibikin khusus ke tukang jahit. Ada pula yang pesan ke percetakan agar lebih bagus hasilnya," imbuh Abdul Bahri.

Di desa ini pula, sudah disiapkan beberapa lokasi nonton bareng menggunakan layar lebar. Termasuk di Kampung Argentina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com