Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Bulog Gelontorkan Stok Beras untuk Empat Bulan ke Depan

Kompas.com - 05/06/2014, 07:15 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

CIAMIS, KOMPAS.com — Sebagai upaya antisipasi kenaikan harga bahan pokok menjelang Ramadhan pada tahun ini, Bulog Sub Divre Ciamis menyiapkan stok beras untuk empat bulan ke depan, sekaligus untuk mencegah kelangkaan beras di pasar-pasar sewilayah Priangan Timur, Jawa Barat.

"Kami sudah menyiapkan stok beras baik untuk raskin maupun premium selama empat bulan ke depan. Saya jamin tidak akan ada kelangkaan beras di pasaran jelang Lebaran nanti," kata Kepala Bulog Sub Divre Ciamis, Dindin, Rabu (4/6/2014). Saat ini, sebut dia, instansinya mengeluarkan seribu ton beras per hari untuk kawasan Priangan Timur.

Menurut Dindin, gelontoran beras ini diharapkan dapat mencegah lonjakan harga beras menjelang Lebaran. Selain itu, Bulog Sub Divre Ciamis juga akan menggelar beragam operasi pasar dan pasar murah bila lonjakan harga beras tetap terjadi, apalagi bila stok beras di pasar berkurang selama Ramadhan.

"Saya jamin nanti jelang Lebaran tidak akan ada kekurangan beras di pasaran, apalagi sampai terjadi kelangkaan beras, meski saat ini sampai Lebaran nanti bukan masuk masa panen," ujar Dindin.

Untuk memastikan ketersediaan beras itu, Dindin menambahkan jajarannya terus memantau stok beras di pasaran. "Sampai sekarang harga beras masih dalam batas normal. Harga beras premium di pasaran masih Rp 8.000 sampai Rp 8.500 per kilogramnya," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com