Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambil "Award" di London, Risma Habiskan Rp 500 Juta

Kompas.com - 08/05/2014, 14:16 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — United Europe Award yang diterima Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di London pada pertengahan April lalu menyisakan masalah.

DPRD Surabaya mempertanyakan anggaran sekitar Rp 500 juta yang dipakai Risma untuk menerima penghargaan tersebut.

Anggaran sebesar itu, kata Ketua Komisi D DPRD Surabaya Baktiono, dinilai terlalu besar untuk penghargaan yang dinilai tidak ada relevansinya dengan kesejahteraan warga Surabaya.

"Karena yang dipakai adalah uang rakyat, maka Ibu Wali Kota harus mempertanggungjawabkannya," kata Baktiono, Kamis (8/5/2014).

Dia juga menyayangkan, hanya untuk memperoleh penghargaan, anggaran APBD sebanyak itu harus dihamburkan. "Harusnya penghargaan itu gratis, dan bahkan jika ada lembaga yang apresiasi dengan pembangunan Surabaya, mereka datang ke sini," kata Bendahara DPC PDI-P Surabaya ini.

Baktiono mengaku belum mengonfirmasi keabsahan penghargaan tersebut. Kata dia, Wali Kota Surabaya harus mempertanggungjawabkan anggaran sekitar Rp 500 juta yang dipakai untuk memperoleh penghargaan itu.

Kategori penghargaan itu sebelumnya menuai polemik karena setelah ditelusuri ternyata yang diperoleh Risma bukan Socrates Award seperti yang diberitakan.

Penghargaan yang diperoleh adalah United Europe Award. Ini adalah penghargaan untuk figur kepala daerah yang berhasil menghubungkan kotanya dengan dunia Eropa. Penghargaan itu pun diduga diperoleh dengan membayar sekitar Rp 62 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com