Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balikpapan Punya Bus Transbalikpapan

Kompas.com - 03/05/2014, 03:25 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Alat transportasi publik baru kini melintas di jalanan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Mulai Jumat (2/5/2014), Pemerintah Kota Balikpapan mengoperasikan bus ukuran medium yang dinamai transbalikpapan.

“Kami resmikan uji coba hari ini sekaligus meresmikan penggunaan terminal baru untuk angkutan penumpang darat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Suseno. Transbalikpapan memiliki kapasitas 18 tempat duduk dan sejumlah alat pegangan untuk delapan penumpang berdiri.

Bus dengan rute Balikpapan-Terminal Feri dan Balikpapan-Kariangau ini akan bertarif Rp 5.000 sekali jalan. "Beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 Wita. Sebagai awal, kami beri gratis dulu selama dua bulan," ujar Suseno.

Fasilitas dalam bus ini antara lain pengatur suhu (AC). Seperti halnya transjakarta di Jakarta, akan ada pula halte dan ruang tunggu untuk transbalikpapan. Untuk tahap pertama, transbalikpapan memiliki empat halte.

Transbalikpapan menjadi moda baru dalam manajemen transportasi Sarana Angkutan Umum (SAUM) Kota Balikpapan. Bus dalam kota ini melengkapi moda angkutan umum lain yang sudah ada sebelumnya, antara lain angkot dan taksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com