Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Anak Buruh Jangan Jadi Buruh

Kompas.com - 01/05/2014, 13:40 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berharap anak seorang buruh tidak menjadi buruh seperti orangtuanya. Hal itu disampaikan Risma seusai menghadiri acara Hari Buruh di Balaikota Surabaya, Kamis (1/5/2014).

"Arah kebijakan Pemkot Surabaya dalam menangani kemiskinan adalah mengatasi kemiskinan secara struktural. Artinya, bagaimana caranya anak seorang buruh tidak menjadi buruh seperti bapaknya. Anak seorang buruh harus jadi lebih baik daripada bapaknya," kata Risma.

Beberapa program dan kebijakan untuk menangani masalah kemiskinan struktural itu antara lain dengan menanggung sebagian kebutuhan wajib keluarga, seperti sekolah dan kesehatan gratis. "Keluarga miskin bahkan kami permudah dalam mengurus kartu BPJS," tambahnya.

Tidak hanya itu, Pemkot Surabaya juga memberikan beasiswa kepada siswa miskin berprestasi. Beasiswa diberikan di beberapa sekolah tinggi dan perguruan tinggi, bahkan sekolah khusus seperti sekolah pilot yang dimulai tahun ini.

Pada peringatan May Day hari ini, Risma mengundang ribuan buruh ke Balaikota untuk menggelar pesta Hari Buruh. Selain panggung hiburan dengan berbagai macam doorprize, juga disediakan ribuan porsi makanan khas Jawa Timur dari dagangan puluhan PKL yang disewa oleh Pemkot Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com