Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirene Perlawanan dari Gang Dolly (1)

Kompas.com - 30/04/2014, 10:29 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Suara sirene berbunyi sambung-menyambung. Dimulai dari sebuah wisma, raungan sirene itu dengan cepat menjalar ke wisma-wisma lain di Gang Dolly. Raungan kemudian bersambung ke deretan wisma di Jalan Jarak, lokasi prostitusi yang masih satu kompleks dengan Dolly.

Suasana happy-happy malam Minggu (26/4/2014) di kompleks prostitusi yang paling tersohor di Surabaya ini langsung berubah. Raungan sirene yang muncul di mana-mana membuat penghuni dan pengunjung tegang.

Suara musik yang masih mengalun keras tak lagi bisa mereka nikmati. Sirene itu seakan mengajak mereka bersiap-siap karena bahaya sudah dekat.

Ada sekitar 10 sirene yang terpasang di halaman wisma-wisma di Dolly. Jumlah sirene lebih banyak terpasang di lokasi prostitusi Jarak, yang tempatnya hanya dipisah jalan.

"Sirene ini seperti kentongan kalau di desa. Suaranya adalah tanda peringatan bahaya," kata Iwan, warga setempat.

Bahaya yang dimaksud Iwan ternyata adalah rencana kedatangan ratusan petugas yang akan merazia Dolly dan Jarak. Mereka gabungan dari Satpol PP Pemkot Surabaya, kepolisian, dan TNI, menggelar apel persiapan razia.

Kedatangan pasukan ini menjadi momok. Lebih-lebih sejak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Gubernur Jatim Soekarwo memutuskan untuk menutup kawasan esek-esek itu.

Keduanya menetapkan 19 Juni 2014 sebagai hari eksekusi. Itu berarti 49 hari lagi, ribuan penjaja seks komersial (PSK) harus keluar dari kompleks yang dirintis noni Belanda, Dolly van der Mart, itu.

Ide pemasangan sirene itu muncul seiring mencuatnya isu penutupan lokasi prostitusi Dolly-Jarak. Langkah itu merupakan bagian dari protes sekaligus perlawanan kelompok penentang penutupan Dolly-Jarak.

Sebaliknya, bagi warga yang pro-penutupan, mereka justru berharap petugas tidak takut. Mereka harus jalan terus untuk menutup bisnis yang mereka nilai bertentangan dengan moral itu. (ben/idl)

Baca selanjutnya: Razia di Gang Dolly, Lampu Dimatikan, PSK Diungsikan (2)

Simak juga Topik Khusus: Gang Dolly Akan Ditutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com