Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Bentrokan Jayanti, Enos Ditemukan Tewas Kena Panah

Kompas.com - 29/04/2014, 18:29 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis


JAYAPURA, KOMPAS.com - Pertikaian dua kelompok warga akibat sengketa lahan di Kompleks Jayanti, Kampung Mimika Gunung, Distrik Kuala Kencana, kian memanas dan korban jiwa terus berjatuhan. Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com di Timika, sekitar pukul 13.32 WIT, sesosok mayat kembali ditemukan di Jalan Freeport Lama, Kampung Olaroa, Distrik Kwamki Narama, Mimika, Selasa (29/4/2014).

Enos Sondegau, Warga Satuan Pemukiman II (SP-2) Timika, ditemukan tewas dengan sejumlah luka sayatan, dan panah yang menancap ditubuhnya. Menurut sumber, penemuan mayat diketahui berawal dari teriakan-teriakan sejumlah orang dari tempat kejadian perkara yang menandakan ada seorang yang terbunuh.

Setelah mendapat laporan dari warga, Anggota Polsek Mimika Baru bersama Tim Identifikasi Polres Mimika, datang ke lokasi kejadian dan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Jenasah Enos kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika untuk dilakukan otopsi.

Hingga kini aparat Polsek Mimika Baru dan Polres Mimika masih terus melakukan penyelidikan terkait kejadian ini, namun isu yang berkembang di Kwamki Narama bahwa pembunuhan tersebut sebagai balasan penyerangan kelompok Simon Janampa di RSUD Mimika, Senin (28/4/2014) kemarin, yang berujung tewasnya Didimus Hagabal.

Pertikaian antara kelompok Pinus Murib dan kelompok Simon Janampa akibat bersengketa lahan di Kompleks Jayanti, Kampung Mimika Gunung, Distrik Kuala Kencana, sudah berlangsung sejak 29 Januari lalu. Walau sempat didamaikan pada akhir Februari lalu, namun bentrokan kembali pecah awal Maret yang berbutut 9 orang tewas dan sekitar 300 orang luka-luka dari kedua belah pihak.

Setelah sempat didamaikan akhir Maret lalu, bentrokan kembali pecah pekan lalu. Ketatnya pengamanan yang dilakukan aparat Kepolisian di Kampung Jayanti sehingga kedua kelompok bertikai bergerilya di Kota Timika. Sejak bentrokan kembali pecah pekan lalu, sebanyak 5 orang tewas dari kedua belah pihak.

Kepala Bidang Humas, Kepolisian Daerah Papua, Kombes Pol Sulistyo Pudjo yang ditemui di Mapolda Papua masih enggan berkomentar terkait kejadian di Timika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com