Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rela, Honor PPS Dipakai Bikin TPS “Piala Dunia”

Kompas.com - 09/04/2014, 14:35 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Tidak seperti tempat pemungutan suara (TPS ) pada umumnya, TPS 3 Kampung Karanggading RW 2, Kelurahan Rejowinangun Selatan, Kota Magelang, tampak begitu meriah dengan warna-warni bendera berbagai negara dan atribut sepakbola.

Ya, pada perhelatan pemilihan legislatif (Pileg) 2014 ini, petugas KPPS setempat memilih mendekorasi TPS dengan gaya Piala Dunia Brasil 2014. Tak ayal, TPS ini mengundang perhatian warga.

Mereka yang datang untuk menggunakan hak pilihnya akan langsung dimanjakan dengan rasa pesta akbar sepakpola empat tahunan itu. Tujuh petugas KPPS seluruhnya mengenakan seragam sepak bola, lengkap dengan sepatunya.

Agar tidak jenuh menunggu giliran mencoblos, warga bisa melihat-lihat ratusan foto bertema sejarah sepak bola dunia yang dipajang di lokasi TPS.

“TPS ala Piala Dunia ini merupakan ide, mengingat Piala Dunia pada Juni 2014 semakin dekat. Apalagi sebagian warga kami gila bola. Jadi bisa untuk manarik minat masyarakar untuk mencoblos,” ujar Ketua KPPS Tri Hardoko, Rabu (9/4/2014).

Demi menghias TPS sedemikian rupa itu, kata Tri, seluruh petugas bahkan rela menyumbangkan honor mereka selama bertugas, guna membuat dekorasi unik ini. Bagi mereka, yang paling penting adalah semangat dan partisipasi warga untuk mensukseskan pesta demokrasi ini.

“Biaya dari kami sendiri dengan cara patungan. Memang cukup besar, tapi kami puas dengan hasilnya,” tutur Tri.

Menurut dia, waktu pembuatan tidak begitu lama karena semua dibuat secara bergotong-royong. Apalagi mendapat dukungan penuh dari warga yang begitu juga begitu semangat menyambut datangnya gelaran Piala Dunia di Brasil Juni 2014 mendatang.

Sementara itu, total daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 3 ini ada sebanyak 337. Total TPS di kelurahan Rejowinangun Selatan sebanyak 18 TPS dengan 2 TPS setiap RW.

Rahma (33), warga setempat yang mengaku, tertarik dengan adanya TPS Piala Dunia ini di kampungnya. Menurutnya susana sepak bola tersebut menambah semangat warga untuk mencoblos.

“Jadi tambah semangat datang dan memilih, karena suasananya lain daripada yang lain,” kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com