Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehabisan Surat Suara, Warga Pindah TPS Pakai Mobil Dalmas

Kompas.com - 09/04/2014, 14:30 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Sejumlah warga Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, ribut dengan petugas KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 7 Benpasi.

Keributan dipicu karena sebagian warga tidak mendapatkan kertas suara. Warga menyesalkan sikap panitia penyelenggara yang dinilai lalai dalam menyiapkan kertas suara.

“Kita melihat ada yang tidak beres dengan hal ini. Ini Kegiatan besar dengan dana besar pula, masak sih kertas suara tidak cukup. Ini sangat memalukan dan saya menganggap panitia tidak mampu menyelengarakan even ini,” kata Yuven, warga salah seorang pemilih yang tak mendapat kertas suara, Rabu (9/4/2014).

Warga yang sempat berdebat dengan petugas KPPS kemudian diberi penjelasan oleh Komisioner KPU TTU. Menurut dia, warga bisa hadir untuk memilih di TPS lain yang terdekat.

Akhirnya, warga yang tidak mendapat kertas suara kemudian dibawa ke TPS daerah Pasar Baru Kefamenanu dengan menggunakan mobil pengendali massa Polres TTU.

Ketua KPU TTU Felix Bere Nahak dan juru bicara KPU TTU Fidelis Olin mengatakan ada 15 warga di TPS yang tidak mendapat kertas suara, karena kertas suara yang tersedia hanya untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sementara, yang hadir di TPS tersebut terdapat banyak pemilih khusus.

“Tadi mereka juga tidak mau untuk memilih di TPS lain sehingga untuk mengantisipasi adanya keributan, maka kita minta bantuan mobil dari polisi untuk membawa mereka ke TPS terdekat yakni di daerah Pasar. 15 orang tersebut tidak terdaftar sehingga mereka hanya menggunakan KTP saja,” kata Felix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com