Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub: Perbaikan Rel di Lokasi Kecelakaan KA Malabar Tunggu Penyelidikan KNKT

Kompas.com - 05/04/2014, 07:13 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Perbaikan rel di lokasi anjloknya Kereta Api Malabar di Dusun Terung, Desa Mekarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, akan menunggu hasil penyelidikan Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT). Kecelakaan kereta akibat tanah ambles di bawah rel bukan baru kali pertama terjadi di wilayah ini.

"Perbaikan rel setelah proses pendalaman tim teknis kereta api dan KNKT," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik di lokasi kecelakaan, Sabtu (5/4/2014) dini hari. Dia belum dapat memastikan target waktu penyelesaian dan pembukaan kembali jalur kereta api di selatan Jawa Barat ini.

"Intinya nanti perbaikan rel akan lebih maksimal. Apalagi jalur ini bukan pertama ini terjadi bencana longsor saat musim hujan," imbuh Dedi. Perbaikan, ujar dia, juga akan mengantisipasi kejadian serupa terulang lagi.

Diberitakan sebelumnya, kereta dengan sembilan gerbong penumpang ini anjlok dan masuk jurang. Tiga orang tewas dan beberapa korban lain mengalami luka parah. Kecelakaan ini juga memutus jalur kereta antara Kota Bandung di Jawa Barat dan Kroya di Jawa Tengah, menyebabkan perubahan rute kereta dari Bandung ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, ataupun sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com