Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipastikan, Tiga Korban Meninggal pada Kecelakaan Kereta Malabar

Kompas.com - 05/04/2014, 00:46 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Penanganan kecelakaan KA Malabar rute Bandung-Malang yang anjlok di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (4/4/2014), dihentikan sementara pada pukul 23.30 WIB. Dipastikan, korban tewas di lokasi kecelakaan berjumlah tiga orang.

"Dihentikan sementara karena tidak ada tambahan peralatan untuk mengangkat (bangkai) kereta," kata Kepala Polres Tasikmalaya Kota AKBP Noffan Widyayoko, di lokasi kecelakaan, Jumat menjelang tengah malam. Kereta ini anjlok di Desa Mekarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya.

"Sampai saat ini, dipastikan tiga orang meninggal," imbuh Noffan. Adapun dua orang yang sebelumnya terjepit di salah satu gerbong penumpang dan lokomotif dipastikan selamat. Keduanya adalah masinis kereta yang anjlok.

Kedua masinis terlihat tak mengalami luka parah. Mereka masih bisa berjalan, meskipun pincang, setelah dibantu dari kondisi terjepit gerbong.

Pengangkatan gerbong kereta yang anjlok, termasuk dua gerbong penumpang dan satu lokomotif yang masih berada di jurang di bawah rel, tidak bisa dilakukan hingga Jumat tengah malam. "Lokomotif yang didatangkan dari Bandung tak bisa apa-apa karena posisi kereta yang anjlok," imbuh Noffan.

Para korban selamat telah dibawa ke Stasiun Cirahayu, berjarak sekitar 2 kilometer dari lokasi kecelakaan. Sementara itu, korban meninggal dan terluka dibawa ke RSUD Kota Tasikmalaya.

Sebelumnya diberitakan, selain tiga korban tewas, setidaknya dua orang mengalami luka parah. Salah satu korban luka parah adalah perempuan yang mengalami patah kaki, dan berlumuran darah di bagian kanan badannya.

Lokasi kecelakaan menyulitkan upaya penyelamatan atas kecelakaan ini. Butuh waktu satu jam untuk berkendara dari Kota Tasikmalaya untuk sampai daerah Gentong, yang kemudian berlanjut satu jam lagi perjalanan di jalanan licin dan buruk di perbukitan, untuk sampai di tempat yang terdekat dari lokasi kecelakaan.

Jarak terdekat tersebut adalah dua kilometer dari lokasi kecelakaan. Dari lokasi tersebut, para petugas penyelamat harus berjalan kaki di atas rel untuk sampai ke lokasi anjloknya kereta. Korban-korban yang selamat pun harus berjalan kaki menuju Stasiun Cirahayu.

KA Malabar anjlok pada Jumat malam. Diduga, kereta anjlok karena tanah ambles sepanjang 25-30 kilometer di bawah rel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com