Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

67.000 Surat Suara Salah Cetak, Petugas Berdalih Kelelahan

Kompas.com - 02/04/2014, 14:43 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — PT Temprina Media Grafika Jember berjanji akan menyelesaikan kertas suara baru tepat waktu demi menutupi 67.000 surat suara yang ditemukan salah cetak untuk Dapil V Kabupaten Banyuwangi.

Janji tersebut diungkapkan Abdurrahman, wakil pimpinan proyek percetakan kertas suara PT Temprina Media Grafika Jember, Rabu (2/4/2014).

"Kami akan usahakan paling lambat pada tanggal 5 April semua kertas suara yang salah cetak sudah di KPU Banyuwangi dalam kondisi terlipat," kata Abdurrahman.

Abdurrahman mengakui, ada kesalahan teknis saat pencetakan kertas suara untuk Banyuwangi. Hal ini terjadi karena PT Temprina mencetak kertas suara untuk wilayah Jawa Timur dengan total jumlah kertas suara sebanyak 21.000 lembar.

"Proses cetak kami lakukan siang dan malam dengan dua shift. Mungkin saja petugas kami kelelahan jadi kurang kontrol. Namun, kami siap menggantinya tepat waktu karena kesalahan cetak hanya untuk di Banyuwangi. Untuk kabupaten lain tidak ada," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 67.000 lebih kertas suara salah cetak ditemukan di Kabupaten Banyuwangi. Surat suara tersebut untuk untuk calon anggota DPRD legislatif DPRD Banyuwangi dapil V.

Di dalamnya berisi nama caleg Dapil IV Jawa Timur yang meliputi Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang. Kertas suara tersebut seharusnya untuk kertas suara Kabupaten Jember.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com