Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pemilu, Ratusan Polisi di Semarang Jalani Tes Kejiwaan

Kompas.com - 01/04/2014, 12:43 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com — Sedikitnya 430 anggota polisi sejajaran Polres Semarang mengikuti pemeriksaan kesehatan di Benteng Willem II Ungaran, Jl Diponegoro, Ungaran, Selasa (1/4/2014). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui kesiapan fisik dan psikis anggota kepolisian menjelang pengamanan Pemilu Legislatif, 9 April 2014.

"Dengan pemeriksaan kesehatan ini kami ingin mengetahui sejauh mana kesehatan anggota Polri sebelum mereka melaksanakan tugas di lapangan, terutama dalam rangka menunjang kinerja kami dalam mengamankan pemilu, dalam rangka operasi mantap brata 2014," ungkap Kepala Bagian Operasi Polres Semarang Kompol Iwan Irmawan.

Dalam pemeriksaan kesehatan itu, para anggota menjalani serangkaian tes, antara lain cek darah, tes urine, EKG, rontgen, dan tes darah. Selain tes kesehatan fisik, lanjut Iwan, mereka juga menjalani pengecekan kesehatan psikis atau tes kejiwaan.

"Kita periksa lengkap ya, selain fisik terutama kita lakukan tes kesehatan jiwa, untuk mengetahui apakah anggota itu sedang bermasalah, sedang mengalami tekanan dalam bekerja atau tidak," tambahnya.

Dari pantauan Kompas.com, kegiatan pemeriksaan kesehatan anggota Polres Semarang dan anggota Polsek sejajaran Polres Semarang itu dilakukan oleh puluhan petugas dari tim dokter kesehatan Polda Jawa Tengah, Dokkes Polres Semarang, dan Klinik Qualita Medica Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com