Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Bandung Meninggal, Keluarga Bakal Dapat Santunan Rp 2 Juta

Kompas.com - 24/03/2014, 15:54 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com -
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, pemerintah Kota Bandung bakal memberikan santunan sebesar Rp 2.000.000 untuk keluarga warga Kota Bandung yang meninggal dunia. Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan, santunan kematian tersebut hanya diberikan untuk warga kelas menengah ke bawah.

"Sesuai komitmen janji politik, di RPJMD sedang disempurnakan. Bagi yang meninggal dunia kelompok menengah bawah tentunya akan diberikan santunan Rp 2.000.000 juta per kematian," kata Emil di Hotel Jayakarta, Kota Bandung, Senin (24/3/2014).

Emil menambahkan, pemberian santunan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Bandung untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.

"Karena ternyata meninggal juga butuh biaya untuk DP makam dan bayar tukang gali," tuturnya.

Sebelum ada rencana untuk memberi santunan, lanjut Emil, sempat ada usulan untuk menggratiskan lahan makam. Namun setelah melakukan beberapa pertimbangan, santunan dalam bentuk uang tunai dinilai lebih bermanfaat.

"Sebenarnya sama saja, kalau dijumlah-jamleh, rupiahnya mendekati dua juta. Yang penting warga Bandung kalau ada saudara yang meninggal teu ripuh (tidak susah)," tuturnya.

"Kalau santunan hanya masalah teknis siapa yang ngasih, kapan ngasihnya. Apakah di hari pertama atau hari berikutnya. Tapi spiritnya membantu mereka yang berduka," tambahnya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com