Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Rajasa Berharap Waduk Jatigede Segera Beroperasi

Kompas.com - 21/03/2014, 20:46 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


SUMEDANG, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa berharap, permasalahan sosial yang timbul di masyarakat sekitas waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, bisa diselesaikan secepatnya.

Menurut Hatta, proyek nasional terbesar kedua setelah waduk Jatiluhur ini harus secepatnya beroperasi. "Yang berkaitan dengan masalah-masalah sosial kita manage, kita mitigasi, dan kita perbaiki agar tidak ada ekses-ekses," kata Hatta seusai kampanye terbuka di Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (21/3/2014).

Lebih lanjut Hatta menambahkan, dia bersama PAN telah melakukan pendekatan-pendekatan yang baik agar tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan. "Akan tetapi proyek ini akan tetap berjalan," tegasnya.

Hatta berharap, target untuk menggenangi waduk Jatigede dengan air bisa terwujud akhir tahun 2014 ini, sebagai uji coba. Kalau tidak tergenangi, kata Hatta, konsumsinya bisa terganggu dan rusak.

Menurutnya, Waduk Jatigede bisa meningkatkan hasil pertanian di Jawa Barat, khususnya Sumedang dan Majalengka.

"Dengan adanya Jatigede, maka akan ada pengairan untuk irigasi baru seluas 9.000 hektar. Ini akan meningkatkan lumbung pangan di Jawa Barat dan tentu akan meningkatkan kesejahteraan petani," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com