Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanduk "Soekarwo Jadi Presiden" Bertebaran di Kampanye Demokrat

Kompas.com - 18/03/2014, 22:11 WIB

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Sejumlah spanduk dan baliho bertuliskan dukungan "Gubernur Jawa Timur Soekarwo menjadi Presiden RI" bertebaran di kampanye akbar Partai Demokrat yang digelar di Stadion Rejoagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (18/3/2014) sore.

Spanduk-spanduk yang dibuat oleh beberapa elemen berbeda dan dipasang di sejumlah titik. Di antaranya bertuliskan, "Apapun Partainya, Pakde Karwo Presidennya" dan "Demokrat Menang, Pakde Karwo Presiden", serta beberapa spanduk bertuliskan tema sama lainnya.

Salah satu simpatisan Demokrat, Yudi, mengaku setuju jika nantinya Soekarwo dipilih menjadi calon Presiden atau Wakil Presiden 2014-2019. Menurut dia, selama memimpin Jatim, Soekarwo dinilai mampu mengangkat pembangunan dan perekonomian.

"Saya melihat Pakde Karwo berhasil selama ini. Tidak ada salahnya jika beliau menjadi pemimpin bangsa ini. Semoga Partai Demokrat memilihnya sebagai calon presiden mendatang," kata dia.

Nama Soekarwo yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat digadang-gadang sebagai calon Presiden RI. Pria yang akrab dengan kumis tebalnya tersebut bahkan masuk pilihan beberapa lembaga survei dalam nama-nama tokoh yang layak memimpin bangsa ini selama lima tahun ke depan.

Kendati demikian, nama Soekarwo tidak termasuk dalam konvensi calon presiden Partai Demokrat.

Menanggapi banyaknya spanduk tentang dukungannya sebagai calon Presiden, Soekarwo hanya tersenyum dan menilainya sebuah kreativitas dari sejumlah elemen. Ia mengaku belum memikirkan pencalonan Presiden karena masih konsentrasi terhadap Pemilihan Umum Legislatif.

"Saya masih berkomitmen memenangkan Partai Demokrat untuk Pemilu Legislatif. Apalagi saat ini memasuki masa kampanye dan konsentrasi mendulang suara sebanyak-banyaknya untuk partai," kata Pakde Karwo.

Di bagian lain, kampanye akbar Partai Demokrat yang menghadirkan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono sebagai juru kampanye nasional dihadiri ribuan massa dari kader dan simpatisan partai berbagai daerah.

Dalam sambutannya, SBY menegaskan bahwa selama ini pemerintah telah berbuat prorakyat dan berkomitmen menyejahterakan masyarakat. Sehingga tidak salah kiranya jika rakyat Indonesia kembali mempercayakan ke Partai Demokrat.

SBY yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono bersama Edhie Baskoro Yudhoyono juga menyempatkan bersalaman dengan ribuan massa. Orang nomor satu di Tanah Air tersebut juga sempat bernyanyi bersama artis Rio Febrian berjudul Rumah Kita dan Tendangan dari Langit.

Sejumlah pengurus harian DPP juga hadir, termasuk artis Vena Melinda yang kini menjabat anggota DPR RI serta caleg Partai Demokrat. Kampanye juga diisi hiburan dari Grup Band The Massive serta pembawa acara Super Bejo yang terdiri dari Edwin dan Jodi.

Pengamanan di lokasi kampanye juga sangat ketat. Massa yang berada di depan panggung utama diwajibkan melewati pintu deteksi. Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono serta Pangdam V/Brawijaya juga secara langsung memantau pengamanan kampanye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com