Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Terselubung, Caleg Ini Diusir dari Acara Pemda

Kompas.com - 13/03/2014, 17:32 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


MAMUJU UTARA,KOMPAS.com - Seorang anggota DPRD yang juga caleg dari Partai Golkar dapil Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Saifuddin Baso batal menghadiri acara puncak "Desa Smart" di Kecamatan Bulutaba, Mamuju Utara lantaran diusir petugas Panwaslu setempat, Kamis (13/3/2014).

Saifuddin dituding hendak melakukan kegiatan kampanye terselubung di tengah acara "Desa Smart" yang digagas pemerintah daerah.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sebuah mobil yang di-branding lengkap dengan atribut dan nomor urut caleg milik Saifuffin dipaksa meninggalkan lokasi acara "Desa Smart". Saifuddin dinilai "menodai" acara yang tak ada kaitannya dengan kampanye pemilu.

Sempat terjadi perdebatan antara Saifuddin dengan petugas Panwas yang mengusirnya. Saifuddin berkilah tak bermasud akan melakukan kampanye terselubung saat dia menghadiri acara "Desa Smart". Namun demikian, Saifuddin akhirnya mengalah dan meninggalkan lokasi acara.

Anggota Panwas Mamuju Utara, Lukman menjelaskan, pengusiran terhadap anggota dewan yang juga caleg dari Golkar itu karena diduga hendak melakukan kegiatan kampanye terselubung di luar jadwal kampanye.

Menurut Lukman, kegiatan "Desa Smart" harus steril dari kegiatan kampanye. “Di sini tempat harus steril dari kegiatan kampanye. Ini kegiatan 'Desa Smart' bukan kampanye terbuka, makanya Panwaslu meminta agar (Saifuddin) meninggalkan lokasi,” tegas Lukman, Kamis.

Kegiatan "Desa Smart" sendiri digagas pemerintah daerah Mamuju Utara untuk menggenjot prestasi desa dalam menyukseskan berbagai program pembangunan daerah yang dicanangkan pemerintah setempat.

Kegiatan ini kerap dimanfaatkan sejumlah politisi untuk menggelar kegiatan kampanye terselubung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com