Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolos Ujian demi Main Biliar, Sejumlah Pelajar Ditangkap Satpol PP

Kompas.com - 11/03/2014, 13:46 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Maraknya para pelajar yang bolos sekolah membuat Satpol PP Kabupaten Banyuwangi menggelar operasi penertiban. Penertiban dilakukan di beberapa lokasi yang diduga menjadi tempat "nongkrong" pelajar di jam sekolah.

"Ada 12 siswa SMA yang terjaring dalam operasi yang digelar hari ini. Mereka tertangkap di beberapa titik seperti warnet, tepi pantai, lapangan GOR dan di tempat bermain biliar," kata Agus Wahyudi, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Banyuwangi, Selasa (11/3/2014).

Agus menjelaskan, operasi tersebut digelar mengingat saat ini sudah masuk masa ujian siswa. Razia merupakan salah satu partisipasi Satpol PP dalam melakukan pengawasan.

"Mereka sebagian besar tadi mengaku jika sudah selesai ujian jadi pulang pagi, sehingga mereka lanjut jalan-jalan. Tapi untuk memastikannya kami menghubungi pihak sekolah dan juga orangtua," kata dia.

Lebih mengejutkan, ada empat siswa yang tertangkap sedang bermain biliar ternyata bolos saat ujian.

"Jarak antara sekolahan dan tempat biliar hampir 13 kilometer. Setelah didata mereka membuat surat pernyataan untuk tidak membolos lagi. Kami juga langsung menghubungi pihak sekolah dan meminta mereka untuk menjemputnya," tutur Agus.

Agus berharap, para pengelola tempat wisata dan juga warnet mau menghubungi Satpol PP jika menemukan pelajar berseragam yang nongkrong di jam sekolah.

"Tidak sampai lima menit kami akan menuju ke lokasi untuk melakukan tindakan dan memberikan pengarahan kepada mereka," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com