Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Brebes Meluas, Warga 11 Desa Diungsikan

Kompas.com - 19/02/2014, 16:58 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis


BREBES, KOMPAS.com — Banjir yang menerjang Kecamatan Losari, Brebes, Jawa Tengah, kini meluas hingga 11 desa, dari sebelumnya 8 desa. Banjir tersebut akibat tanggul Sungai Cisanggarung jebol.

Desa yang terkena banjir antara lain Bojongsari, Randusari, Pekauman, Jatisawit, Babakan, Karangsembung, Limbangan, Kedungoleng, Karangdempel, Kalibuntu, dan Desa Losari Kidul.

Komandan Tim SAR Brebes Ade Dhani Rahardjo mengungkapkan, pihaknya baru bisa mengevakuasi warga 5 desa yang terkena banjir. Sekitar 724 warga korban banjir kini diungsikan di sejumlah posko pengungsian.

"Ada 4 posko pengungsian, yaitu di kantor Kecamatan Losari, SMP 2 Losari, Balai Desa Karangdempel, dan masjid di Desa Babakan," kata Ade, Rabu (19/2/2014).

Menurut Ade, dari 4 posko pengungsian, paling banyak ditempati warga adalah gedung SMP 2 Losari. Gedung sekolah tersebut dihuni sekitar 200 warga.

"Di posko pengungsian sudah ada dapur umum, posko kesehatan, tenda, dan lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti menjelaskan, pemerintah daerah sementara ini sudah berkoordinasi dengan semua pihak agar cepat menangani banjir yang menerjang satu kecamatan. Bahkan secepatnya tanggul yang jebol akan segera diperbaiki.

"Dari 4 yang jebol, secepatnya kita melakukan penanganan agar air tidak terus mengalir membanjiri rumah warga," jelas Idza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com