Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Fokus Bersihkan Abu dari Lingkungan Sekolah

Kompas.com - 15/02/2014, 15:29 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berfokus pembersihan abu vulkanik Gunung Kulud di sekolah-sekolah agar Sehingga kegiatan belajar mengajar dapat segera digelar kembali.

"Abu cukup tebal di Yogya, yang saya khawatirkan justru kondisi sekolahan-sekolahan dan siswa," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Gatot Saptadi, Sabtu (15/02/2014) siang.

Gatot mengungkapkan, hujan abu yang melanda DIY pada Jumat (14/02/2014) kemarin berimbas pada diliburkanya kegiatan belajar mengajar. Selain terlalu resiko ketika siswa berangkat ke sekolah karena abu cukup pekat, juga karena abu yang bertaburan ke udara berbahaya jika terhirup.

"Fasilitas umum iya, namun fokus kami ke sekolah-sekolah terlebih dahulu. Agar kegiatan belajar mengajar bisa segara berjalan kembali," tegasnya.

Dalam kegiatan bersih sekolah, Gatot berharap guru-guru tidak melibatkan siswa, terutama untuk siswa taman kanak-kanak ataupun sekolah dasar. Sebab abu yang terbawa angin cukup berbahaya bagi kesehatan terutama anak-anak.

Terkait usulan tersebut, Gatot mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, mengusulkan agar siswa tidak dilibatkan dalam bersih-bersih lingkungan sekolah.

"Kita juga akan bagikan masker ke setiap sekolah-sekolah. Agar guru dan siswa aman dari ancaman gangguan pernafasan," ucapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sejak Jumat  kegiatan belajar mengajar di DIY diliburkan akibat hujan abu vulkanik Gunung Kelud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com