Gunung Kelud Kembali ke Ciri Letusan Eksplosif - Kompas.com
BrandzView

Gunung Kelud Kembali ke Ciri Letusan Eksplosif

Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim
Kompas.com - 14/02/2014, 04:12 WIB
ist Kubah lava Gunung Kelud di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang, terbentuk dalam letusan gunung tersebut pada 2007. Kemunculan kubah ini mengubah jenis letusan Gunung Kelud yang sebelumnya bertipe letusan danau. Setelah letusan pada 2007, danau di kawah Gunung Kelud hilang.
KEDIRI, KOMPAS.com — Gunung Kelud di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang, di Jawa Timur, kembali meletus pada Kamis (13/2/2014) malam. Pola letusan gunung ini kembali ke pola eksplosif, yang terakhir kali terjadi pada 1990.

"Kembali ke ciri khas letusan eksplosif, yang sebelumnya terjadi pada 1990 dan letusan-letusan sebelumnya," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi, Sumber Daya Alam, dan Mineral, Hendrarto, Jumat (14/2/2014) dini hari.

Dalam siaran pers-nya, Hendarto menepis kabar yang beredar luas di masyarakat melalui jalur broadcast. "Tidak benar akan ada letusan dua jam lagi. Untuk memastikan itu, butuh peralatan yang baik," ujar dia.

Hendrarto meminta masyarakat tak gampang terprovokasi kabar bohong. "PVMBG juga belum tahu apa yang akan terjadi setelah ini," kata dia.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim
EditorPalupi Annisa Auliani
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM