Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Api Bertebaran di Hutan Dairi

Kompas.com - 11/02/2014, 21:06 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIDIKALANG, KOMPAS.com - Kawasan hutan di Desa Sopokomil, Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, dipenuhi tebaran titik api.

Kepala Dinas Kehutanan Dairi, Agus Bukka, Selasa (11/2/2014) menyatakan, sejak beberapa hari terakhir, pembakaran lahan marak terjadi di hutan Sopokomil. Padahal, areal itu masuk ke kawasan hutan. Musim kemarau dimanfaatkan orang tertentu untuk pembersihan lahan guna pembukaan areal pertanian. "Dari sisi aturan, itu tidak boleh," katanya.

Sehubungan dengan itu, pihaknya, kata Agus, segera berkoordinasi dengan kepolisian guna menghentikan aksi pembakaran lebih luas.

Dia berharap, aparatur di tingkat kecamatan dan kepala desa memberi pandangan kepada warga seputar fungsi strategis hutan. "Boleh saja merasa beruntung sekarang lantaran punya ladang, namun belakangan hari bakal timbul musibah lebih dahsyat berupa longsor dan banjir," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, kawasan hutan dimaksud diduga merupakan areal kontrak karya PT Dairi Prima Mineral (DPM), perusahaan penambangan seng dan timah hitam. Investor itu telah mengantongi izin pinjam pakai kawasan hutan lindung (IPPKHL) dari Menteri Kehutanan  beberapa waktu lalu sebagai syarat eksploitasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com