Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Pengamanan Pemilu di Jatim Rp 79 Miliar

Kompas.com - 07/02/2014, 16:26 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Polda Jatim dipasok anggaran senilai Rp 79 miliar untuk kegiatan pengamanan Pileg dan Pilpres 2014. Anggaran operasional pengamanan tersebut akan disebar ke 39 polsek dan polsekta se-Jawa Timur.

"Besaran nilai yang dibagikan beragam, tergantung luas wilayah dan jumlah kekuatan personel masing-masing jajaran," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Awi Setiyono, Jumat (7/2/2014).

Terkait peralatan, kata Awi, Kapolda Jatim sudah mengecek sendiri persiapannya, baik peralatan khusus maupun utama. Peralatan khusus termasuk persenjataan dan sebagainya, sedangkan peralatan utama seperti barakuda, AWD, kapal, mobil SAR, ambulans, dan sebagainya.

"Termasuk robot milik Sat Brimob yang berfungsi untuk mendeteksi bom dan menangani teroris," terangnya.

Dalam pengamanan Pemilu 2014, Polda Jatim akan mengerahkan sebanyak 27.257 personel. Jumlah itu termasuk personel dari semua Polres jajaran. Pengamanan oleh polisi akan dibantu oleh pihak lain seperti 8.100 personel TNI serta 152.113 linmas. Para personel akan bekerja efektif mulai dari tahapan kampanye, masa tenang, pemungutan suara, perhitungan, hingga pelantikan calon terpilih.

Data di Biro Ops Polda Jatim menyebutkan, warga yang memiliki hak pilih pada pemilu nanti jumlahnya mencapai 30.45.935 orang. Mereka akan memberikan hak pilihnya melalui 68.115 tempat pemungutan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com