Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Landa 108 Desa di Karawang

Kompas.com - 20/01/2014, 06:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meluapnya sejumlah sungai besar di Karawang, Jawa Barat, setelah hujan deras mengguyur beberapa hari terakhir menyebabkan puluhan ribu rumah yang tersebar di 108 desa terendam banjir.

"Sebanyak 108 desa yang dilanda banjir itu berada di 25 kecamatan," kata Supriatna, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Karawang, Minggu (19/1/2014).

Dari data sementara Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana setempat, banjir telah merendam sejumlah titik ruas jalan raya, 52 masjid, 11 sekolah, 35.092 rumah, serta 8.282 hektare areal persawahan.

Menurut dia, Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Karawang telah menyalurkan bantuan logistik kepada para korban banjir. Namun, bantuan logistik masih banyak diperlukan menyusul semakin banyaknya warga yang rumahnya tergenang.

Secara umum, banjir di Karawang terjadi akibat meluapnya sejumlah sungai besar yang ada di Karawang, seperti Sungai Citarum, Cibeet, dan Sungai Cilamaya.

Sungai-sungai itu tidak mampu menampung tingginya air sungai, sampai akhirnya air itu mengalir ke permukiman warga, jalan raya, infrastruktur, dan sarana publik.

Akibat kejadian itu, warga mengungsi ke tempat yang lebih aman dari banjir, seperti masjid, tenda-tenda pengungsian, pinggir jalan, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com