Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Anggota TNI Bantu Bangun Jembatan di Manado

Kompas.com - 18/01/2014, 09:06 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Panglima Kodam (Pangdam) VII/Wirabuana Mayjem TNI Bachtiar SIP MAP memimpin anggotanya membangun jembatan belly di ruas Jalan Boulevard Manado, Sabtu (17/1/2014). Jembatan boulevard yang berada di ruas jalan utama itu amblas akibat tergerus arus banjir dan hantaman ombak, Jumat (16/1/2014) kemarin.

"Jembatan ini sangat vital karena menjadi jalur utama di pusat kota. TNI tidak bisa tinggal diam. Kami bagian dari rakyat, dan terpanggil untuk membantu rakyat, apalagi disini sedang dilanda bencana," ujar Bachtiar.

Dia juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menerjunkan 1.000 personil untuk membantu warga pascabencana banjir dan tanah longsor yang menerjang Sulawesi Utara pada Rabu (15/1/2014) lalu. "Disamping itu kami juga mendirikan tenda darurat, posko kesehatan, serta memberikan 2000 paket sembako," urai Bachtiar.

Selain di Boulevard, TNI juga membangun jembatan belly di ruas jalan Tinoor yang menghubungkan Manado - Tomohon. Ruas jalan tersebut amblas sewaktu bencana Rabu lalu. Lima orang tewas sudah diangkat, sementara belasan lainnya diduga masih tertimbun longsor.

Pagi sebelumnya, Pangdam juga mengunjungi Asrama Sapta Marga IX di Sario yang tidak luput dari terjangan banjir. Ratusan jiwa penghuni asrama tentara tersebut harus mengungsi di gedung gereja. Bachtiar dalam kujungannya disamping memberikan bantuan juga terus memberi semangat kepada korban bencana. (K73-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com