Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Abu Gunung Raung, BPBD Jember Sebar Ribuan Masker

Kompas.com - 07/01/2014, 18:43 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Pasca-status gunung Api Raung dinyatakan statusnya naik menjadi waspada, dan tercatat dua kali terjadi letusan Senin (6/1/14) kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Jawa Timur, mengirimkan ribuan masker kepada warga yang lokasinya berdekatan dengan gunung tersebut.

Hal itu menyusul informasi dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, yang menyebutkan hujan abu mengarah ke wilayah Jember.

“Kami sudah mengirim delapan ribu masker ke posko di Kecamatan Sumberjambe untuk dibagikan kepada warga," ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo, Selasa (7/1/2014).

Dia menambahkan, BPBD Jember juga telah menyiapkan posko darurat di tiga desa, yakni Desa Gunung Malang, Jambe Arum dan Rowosari. "Tiga desa itu masuk daerah terdampak jika terjadi letusan gunung Raung," ungkap Heru.

Meski demikian, Heru memastikan aktivitas masyarakat di tiga desa itu tetap berlangsung seperti biasa. “Kami sudah memberikan sosialisasi agar tidak panik dengan status peningkatan gunung Raung," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejak beberapa hari yang lalu status gunung Raung naik dari level I (normal) ke level II (waspada). Ini karena terjadi peningkatan akvitas di gunung tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com