Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswi Ini Simpan Ratusan Gram Sabu di Dalam Buku

Kompas.com - 30/12/2013, 15:07 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com — Seorang mahasiswi salah satu universitas di Tangerang Selatan, JN (25), tertangkap petugas Bea Cukai Bandara Adisumarmo, Boyolali, Surakarta, saat membawa sabu-sabu seberat 946 gram yang disimpan di dalam buku pada Sabtu (28/12/2013).

Saat gelar perkara di kantor Bea Cukai Surakarta di Jalan Adisucipto, Senin (30/12/2013), petugas menunjukkan barang bukti berupa tiga bungkus narkotika jenis sabu dan tiga buah buku yang sudah dilubangi di bagian tengahnya.

"Sekitar pukul 12.00, tersangka turun dari pesawat SilkAir dengan kode penerbangan MI-116 jurusan Singapura-Solo, dan saat melewati x-ray, petugas mencurigai barang bawaan milik JN. Setelah diperiksa lebih teliti, ternyata sabu-sabu dengan berat total 946 gram senilai 1 miliar lebih ditemukan petugas," ungkap Kepala Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Nirwala Dwi Heryanto saat jumpa pers, Senin (30/12/2013).

Tampak pada saat jumpa pers, JN yang berperawakan mungil dikawal petugas Bea Cukai dan Custom Narcotics Team (CNT) Jawa Tengah. Sementara itu, petugas setelah mengamankan tersangka dan barang buktinya segera menguji laboratorium untuk memastikan kandungan kimiawi dalam tiga bungkus milik tersangka.

"Dari hasil pemeriksaan sampel barang yang dikirimkan ke Balai Pengujian dan Identifikasi Barang di Jakarta, diperoleh keterangan bahwa barang tersebut adalah methamphetamine yang termasuk daftar narkotika golongan 1," kata Nirwala.

Diduga kuat, barang tersebut akan diedarkan di wilayah Surakarta dan sekitarnya, termasuk Yogyakarta, untuk memenuhi pesanan menjelang tahun baru. Namun, petugas masih membutuhkan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com