Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Misa Natal di Polewali Mandar Rela Berdiri

Kompas.com - 24/12/2013, 22:18 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Perayaan malam Natal di Polewali Mandar, Sulawesi Barat berlangsung semarak. Sebagian umat Kristiani yang memadati gereja pun rela berdiri karena penuh sesak.

Pengunjung misa malam Natal di gereja katolik terbesar di Sulawesi Barat, Paroki Santo Yoseph, Selasa (24/12/2013), misalnya, membeludak hingga ke emperan gereja. Sebagian orang yang datang menjelang misa rela berdiri di baris belakang dan duduk di emperan untuk tetap bisa merayakan bersama. 

Ribuan umat Kristiani di Polewali Mandar sudah memenuhi gereja-gereja sejak petang. Tidak hanya umat di sekitar gereja, tapi juga dari luar daerah.

Umat yang berasal dari Kabupaten Pinrang dan Majene sengaja datang lebih awal agar bisa merayakan malam natal bersama keluarga dan anak-anak mereka tepat waktu.

Meski perayaan Natal dipastikan aman, setiap gereja mendapat pengaman ketat petugas keamanan. Ratusan aparat kepolisian, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan dikerahkan ke berbagai gereja untuk melakukan pengamanan.

Pastor Gereja Paroki Santo Yosep, Simon, mengajak para jamaat agar meneladani Yesus dalam kehidupan sehari-hari.

Simon juga berharap kepada para jamaah agar semangat toleransi antarumat beragama tetap terpelihara dan menjadi benteng dalam menjaga situasi dan keamanan dari segala bentuk provokasi yang berupaya memecah-belah persatuan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com