Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Kahayan Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Kompas.com - 17/12/2013, 10:24 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Ratusan rumah di kawasan permukiman padat penduduk, Kompleks Sosial di Jalan Mendawai, Selasa (17/12/2013), terendam banjir.

Ketinggian air yang mencapai satu meter ini turut merendam sejumlah fasilitas umum dan pusat-pusat kegiatan masyarakat.

Kawasan Kompleks Sosial merupakan kawasan langganan banjir. Ketinggian air pun diperkirakan akan terus naik menyusul debit air Sungai Kahayan yang terus meningkat.

Luapan Sungai Kahayan yang kian berdampak pada sejumlah kawasan permukiman dan jalan trans-Kalimantan terjadi menyusul tingginya curah hujan di hulu sungai.

Ratusan rumah yang tersebar di tujuh RT di kompleks itu terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara 40 sentimeter hingga lebih dari satu meter. Aktivitas warga pun menjadi terganggu.

“Di rumah saya sampai segini, (pinggang) yang lain ada lebih dalam, ya terganggu, sekolah belum libur,” kata Imah, warga sekitar.

Kawasan terparah yang dilanda banjir ada di Jalan Mendawai 3 dan Mendawai 4, serta Gang Bersama dan Gang Damai. Di kawasan itu, banjir setinggi lebih dari satu meter memaksa warga yang bermukim untuk mengungsi ke rumah sanak keluarga lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com