Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Gunung Sinabung Menyebar Hingga Langkat

Kompas.com - 25/11/2013, 09:59 WIB
LANGKAT, KOMPAS.com - Abu vulkanik letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, telah menyebar hingga ke Kabupaten Langkat, sehingga warga yang bermukim di Kecamatan Sei Bingei pun diimbau menggunakan masker.

"Kita sudah menyebarkan masker buat warga di kecamatan Sei Bingei," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat Haji Ansari Mkes di Stabat, Senin (25/11/2013).

"Sudah kita berikan sekitar 7.000 masker kepada warga Sei Bingei, yang wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Tanah Karo itu dimana Gunung Sinabung kini mengeluarkan abu vulkaniknya," katanya.

Selain memberikan bantuan masker, saat sekarang ini instansinya juga sudah mendirikan posko kesehatan di dua tempat yang ada di kecamatan Sei Bingei untuk mengantisipasi kesehatan bagi warga Sei Bingei sendiri maupun warga pengungsi yang datang dari Kabupaten Tanah Karo ke daerah itu.

Posko kesehatan itu didirikan di Desa Telagah maupun Namuterasi, kata Ansari untuk terus memantau kesehatan warga di sana.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat Hardianul Zally yang dihubungi menjelaskan bahwa sekarang ini ada sekitar 131 warga Kabupaten Tanah Karo yang mengungsi ke Langkat.

"Kita juga sudah persiapkan dan mendirikan posko untuk menampung para pengungsi yang datang dari Tanah Karo," kata Hardianul.

Terhadap pengungsi yang sudah berada disana sejak Minggu (24/11), disampaikan Hardianul sudah diberikan bantuan tanggap darurat seperti 40 kotak mie instant, 10 kotak air mineral, makanan siap saji dan lauk pauk.

"Kita sudah berikan bantuan kepada para pengungsi dari Tanah Karo yang ada di Sei Bingei Langkat," kata Hardianul.

Selain itu juga, untuk kelanjutan dari masuknya warga Tanah Karo ini, instansinya akan melakukan kordinasi dengan BPBD Sumatera Utara, untuk tahap selanjutnya.

Hardianul Zally juga mengingatkan warga Langkat untuk tidak panik terhadap datangnya abu vulkanik Gunung Sinabung ini karena itu belum membahayakan bagi kesehatan.

"Jangan panik dan tetap tenang, itu hanya fenomena alam," kata mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Daerah Langkat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com